09/04/11

D

D, salah satu band Jepang favoritku. Musiknya keren, lagunya keren, personilnya juga keren2, skill-nya oke pisan… Betewe, band ini namanya singkat sekalii yak?? D doank!! -.-‘
b^^d



D terbentuk pada bulan Maret 2003, beranggotakan 5 personil. Merka adalah Asagi (vocal), Ruiza (gitar), Hidezou (gitar), Tsunehito (bass), Hiroki (drum). Musik D campuran antara metal dan melodic rock yg sangat unik. D memang sedikit berbeda dengan band-band visual-kei lainnya. Kelebihan dari D adalah kekuatan vokalnya dan bermacam-macam komposisi yang mereka hasilkan. Vokal Asagi begitu unik dan indah. Apa lagi falsetto-nya.. Waw…. Bikin kuping geli ^o^ .

Awalnya, D beranggotakan Asagi, Ruiza, Sin, Rena dan Hiroki. Asagi, Ruiza, dan Sin sendiri pernah bermain bersama di band nya Kisaki, Syndrome. Tapi mereka telah memulai karir mereka jauh sebelum ini, Asagi pernah menjadi vokalis di Balsamin dan Je*Reviens, Ruiza di Distray dan Laybial, sedangkan Sin pernah menjadi member di With Sexy, NEO-SADISM dan Vasalla.
Setelah Syndrome bubar tahun 2002, Asagi, Ruiza dan Sin memutuskan untuk bermain bersama –ditambah dua anggota baru, yaitu Rena dan Hiroki ( yang sebelumnya bermain di Aioria dan S to M ). Live pertama mereka diadakan pada bulan April 2003. Pada acara Shock Jam 2003 mereka bermain dengan band-band yang sudah populer di dunia visual kei, seperti Nightmare dan Lareine. Bulan Juli di tahun yang sama, mereka merilis mini-album pertama mereka berjudul New Blood.

Sayangnya tak berapa lama setelah New Blood dirilis, Sin memutuskan untuk keluar dari band. Dua bulan kemudian Ruiza mendadak harus dirawat di rumah sakit; dan demi tetap meneruskan band ini, mereka harus menemukan member pengganti. Akhirnya line-up D sementara ini dilengkapi oleh Hide-Zou ( mantan vokalis As’REAL dan gitaris S to M ) dan Tetsu (Domestic Child). Pada saat itu mereka memutuskan untuk tampil dengan nama yang berbeda, yaitu Night of the Children.

Setelah itu Hide-Zou akhirnya bergabung dengan band dan menjadi official member. Sekembalinya Ruiza dari rumah sakit, Tetsu keluar dari D dan membentuk band baru bersama Ayano (Ex. Vidoll) bernama Gimikku.

D kembali bermain dengan nama aslinya, dan pada tanggal 27 November 2003 mereka mengadakan konser one-man pertama mereka, Believe or not believe di Meguro Rock May Kan. Single Alice didistribusikan pada saat itu juga.
Tahun 2004 dimulai dengan rilisnya mini album Paradox yang sold-out dengan cepat, bahkan menempati urutan ke 13 di Oricon indie charts dan membuat fanbase D makin bertambah. Di album ini terdapat lagu D yang paling populer yaitu Night-SHIP “D”. Saat lagu ini dimainkan para fans membawa bendera D dan mengibarkannya sesuai irama lagu, mengikuti instruksi dari Asagi.

Bulan Mei 2004 adalah salah satu tanggal penting dalam sejarah D. Pada saat itu mereka mengadakan konser one-man lagi, Yume narishi kuuchu teien, mereka disana juga merilis free VHS ,dan 6 hari kemudian mereka merilis single dengan judul yang sama, yang terjual lebih cepat dari rilisan sebelumnya dan menempati peringkat 5 di Oricon indie charts.
Setelah itu semuanya berjalan lancar. Dari bulan Mei sampai Agustus jadwal mereka dipenuhi oleh konser. Bulan November mereka menjual single Mayutsuki no Hitsugi dengan tiga versi yang berbeda. Sebelum akhir tahun 2004 mereka merilis versi baru dari mini album pertama mereka, New Blood – second impact dan di bulan Januari 2005 maxi single baru D sudah bisa didapatkan di toko-toko musik. Sampai setengah tahun kemudian D berfokus kepada konser dan menambah jumlah fans mereka.

Single Yami Yori Kurai Doukou no Acapella to Bara Yori Akai Jounetsu no Aria (itu judul lagu apa rel kereta?? O.o ) dirilis tanggal 22 Juni.Lagu ini terinspirasi dari drama musikal Phantom of the Opera ( yang tidak aneh, karena live tour mereka dinamakan THE PHANTOM OF THE OPERA ). Single ini dirilis bersama dengan sebuah DVD berisi PV. Tak lama setelah itu D mengumumkan akan merilis album pertama mereka.

Sayangnya di tengah-tengah rekaman, Rena tiba-tiba mengundurkan diri. Tapi hal itu tidak menghentikan mereka, Hide-zou menggantikan posisi Rena sebagai bassis dan album tersebut dirilis tanpa penundaan. Pada The name of the ROSE terdapat bonus DVD yang keluar dengan dua versi dan dengan dua pv yang berbeda pula. Hide-zou pun terus bermain bass sampai konser musim panas, termasuk dengan coupling tour bersama D'espairs Ray dan sebuah event untuk memperingati terbitnya majalah D edisi pertama, Mad Tea Party.

Tanggal 5 Desember, Tsunehito bergabung dengan D setelah Scissor bubar, Hide-zou pun kembali bermain gitar. Pada hari yang sama DVD berisikan making of Sleeper PV diberikan secara gratis saat live. Bersama dengan member baru, mereka merekam ulang album pertama mereka dan merilis versi baru, ditambah dengan tiga lagu baru yang direkam bersama Tsunehito pada bulan Februari.
Itu bukan hanya re-release mereka di tahun ini , karena versi baru dari Yume narishi kuuchu teien dan Paradox juga keluar di bulan Mei. Bulan Agustus mereka merilis single baru, dan pada tahun yang sama mereka juga merilis album kedua mereka Tafel Anatomie.

Ok, cukup segitu dulu kenalannya…
^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar